CD Skripsi
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Universitas Riau
Penelitian ini dilakukan di perpustakaan Universitas Riau Pekanbaru, adapun tujuannya untuk mengetahui pengaruh dari dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada perpustakaan Universitas Riau, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari jawaban responden yaitu sebanyak 95 responden, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh langsung dari perpustakaan yang berkaitan dengan penelitian berupa laporan jumlah peminjam buku, jumlah koleksi dan lain-lain yang dianggap perlu.
Dari hasil penelitian menggunakan regresi linier berganda diketahui ada pengaruh antara dimensi kualitas pelayanan yang dilihat dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap tingkat kepuasan pengunjung pada perpustakaaan Universitas Riau. Hal ini dapat dilihat dari nilai Rsquare sebesar 0,65 atau 65% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Untuk menguji signifikansi dari dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pengunjung maka dilakukan secara simultan (uji-F). dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 32,988 > Ftabel 2,20. Sehingga dapat disimpulkan secara simultan dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pengunjung pada perpustakaan Universitas Riau.
Secara parsial niali t hitung untuk variabel X1 (tangibles) sebesar 2,379 > t tabel 1,98, t hitung variabel X2 (reliability) sebesar 2,578> t tabel 1,98, t hitung variabel X3 (responsiveness) sebesar 2,158> t tabel 1,98, t hitung variabel X4 (assurance) sebesar 2,687> t tabel 1,98, dan t hitung variabel X5 (empathy) sebesar 3,822> t tabel 1,98. Sehingga dapat disimpulkan secara parsial dimensi pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada perpustakaa Universitas Riau.
Adapun dimensi yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan pengunjung yaitu dimensi empathy hal ini berdasarkan nilai t hitung yang terbesar yaitu t hitung variabel empathy sebesar 3,822.
Tidak tersedia versi lain