Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan 
Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Pekanbaru


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa SMA Negeri 8 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perbedaan KPMM siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran biasa dengan pendekatan saintifik; (2) mengetahui peningkatan KPMM siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model PBL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran biasa dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dan menggunakan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIPA1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA3 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini terdiri dari data kemampuan awal matematis (KAM) dan data KPMM yang diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest. Hasil tes kemampuan awal matematis digunakan untuk menentukan kelas sampel. Data KPMM dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata Independent Sample T-Test yang didahului oleh uji normalitas dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan KPMM siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran biasa dengan pendekatan saintifik.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 06. 120 (0011)
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – FKIP – Pendidikan Matematika., 2020
Deskripsi Fisik
ix, 58 hlm.: ill.: 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 06. 120 (0011)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ELFITRA
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?