Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of penggunaan smartphone dalam motivasi belajar mahasiswa pendidikan masyarakat
fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan universitas riau
Penanda Bagikan

CD Skripsi

penggunaan smartphone dalam motivasi belajar mahasiswa pendidikan masyarakat fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan universitas riau

Yoel Adikasa 2105126337 - Nama Orang;

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengalaman
mahasiswa dalam menggunakan smartphone yang berkaitan dengan motivasi
belajar mereka? Tujuan Penelitian ini untuk 1). Untuk mendeskripsikan
pengalaman mahasiswa dalam menggunakan smartphone yang berkaitan dengan
motivasi belajar mereka.
Setelah penelitian ini dilakukan diharapkan dapat memberi manfaat.
Adapun manfaat dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis dan
manfaat praktis. Manfaat teoritis dari hasil Penelitian ini diharapkan dapat
menambah wawasan ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan
penggunaan smartphone dalam motivasi belajar mahasiswa. Dan manfaat praktis
Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu
memberikan referensi peneliti selanjutnya jika ingin melaksanakan penelitian
yang serupa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Riau yang melibatkan 3 (tiga) informan sebagai subjek
penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik dokumen,
observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis dalam penelitian meliputi reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi.
ii
Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan Smartphone Dalam Motivasi
Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Riau, dapat disimpulkan bahwa penggunaan smartphone
memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Penggunaan smartphone secara optimal, seperti untuk mengakses materi kuliah,
mencari referensi tambahan, serta berpartisipasi dalam diskusi akademik, dapat
mendorong mahasiswa untuk belajar secara lebih mandiri dan aktif. Selain itu,
fleksibilitas dalam mengatur waktu belajar dan kemudahan memperoleh informasi
turut berkontribusi dalam meningkatkan minat dan keterlibatan mahasiswa dalam
proses pembelajaran. Namun, penggunaan smartphone sangat bergantung pada
bagaimana mahasiswa memanfaatkannya dalam kegiatan akademik. Jika
digunakan dengan tepat, smartphone dapat menjadi alat pendukung yang
membantu mahasiswa dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik. Meskipun
demikian, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti cakupan yang
hanya berfokus pada mahasiswa Pendidikan Masyarakat, ketergantungan pada data
subjektif, serta belum mempertimbangkan faktor eksternal yang dapat
memengaruhi motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian lanjutan diperlukan
untuk mengeksplorasi lebih dalam dampak jangka Panjang penggunaan
smartphone dalam konteks pembelajaran di perguruan tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Penggunaan
Smartphone Dalam Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau dapat peneliti rekomendasikan
sebagai berikut:
1. Menggunakan smartphone secara bijak dan efektif dalam kegiatan
akademik, seperti mengakses materi kuliah, mencari referensi ilmiah, dan
berdiskusi dengan dosen serta teman sejawat.
2. Menghindari penggunaan smartphone untuk hal-hal yang dapat
mengalihkan fokus belajar, seperti media sosial atau permainan yang tidak
berkaitan dengan pembelajaran.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2105126337
2105126337
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2105126337
Penerbit
Pekanbaru : UNRI – FKIP – Pendidikan Masyarakat., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2105126337
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN MASYARAKAT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmat
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?