CD Skripsi
penggunaan smartphone dalam motivasi belajar mahasiswa pendidikan masyarakat fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan universitas riau
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengalaman
mahasiswa dalam menggunakan smartphone yang berkaitan dengan motivasi
belajar mereka? Tujuan Penelitian ini untuk 1). Untuk mendeskripsikan
pengalaman mahasiswa dalam menggunakan smartphone yang berkaitan dengan
motivasi belajar mereka.
Setelah penelitian ini dilakukan diharapkan dapat memberi manfaat.
Adapun manfaat dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis dan
manfaat praktis. Manfaat teoritis dari hasil Penelitian ini diharapkan dapat
menambah wawasan ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan
penggunaan smartphone dalam motivasi belajar mahasiswa. Dan manfaat praktis
Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu
memberikan referensi peneliti selanjutnya jika ingin melaksanakan penelitian
yang serupa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Riau yang melibatkan 3 (tiga) informan sebagai subjek
penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik dokumen,
observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis dalam penelitian meliputi reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi.
ii
Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan Smartphone Dalam Motivasi
Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Riau, dapat disimpulkan bahwa penggunaan smartphone
memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Penggunaan smartphone secara optimal, seperti untuk mengakses materi kuliah,
mencari referensi tambahan, serta berpartisipasi dalam diskusi akademik, dapat
mendorong mahasiswa untuk belajar secara lebih mandiri dan aktif. Selain itu,
fleksibilitas dalam mengatur waktu belajar dan kemudahan memperoleh informasi
turut berkontribusi dalam meningkatkan minat dan keterlibatan mahasiswa dalam
proses pembelajaran. Namun, penggunaan smartphone sangat bergantung pada
bagaimana mahasiswa memanfaatkannya dalam kegiatan akademik. Jika
digunakan dengan tepat, smartphone dapat menjadi alat pendukung yang
membantu mahasiswa dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik. Meskipun
demikian, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti cakupan yang
hanya berfokus pada mahasiswa Pendidikan Masyarakat, ketergantungan pada data
subjektif, serta belum mempertimbangkan faktor eksternal yang dapat
memengaruhi motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian lanjutan diperlukan
untuk mengeksplorasi lebih dalam dampak jangka Panjang penggunaan
smartphone dalam konteks pembelajaran di perguruan tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Penggunaan
Smartphone Dalam Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau dapat peneliti rekomendasikan
sebagai berikut:
1. Menggunakan smartphone secara bijak dan efektif dalam kegiatan
akademik, seperti mengakses materi kuliah, mencari referensi ilmiah, dan
berdiskusi dengan dosen serta teman sejawat.
2. Menghindari penggunaan smartphone untuk hal-hal yang dapat
mengalihkan fokus belajar, seperti media sosial atau permainan yang tidak
berkaitan dengan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain