CD Skripsi
Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sdn 002 Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai
Latar belakang penelitian ini disebabkan tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 002 Basilam Baru masih rendah karena guru tidak terlalu memperhatikan dan menganalisa tingkat motivasi belajar siswa di dalam kelas. Maka diadakan penelitian dengan judul penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 002 Basilam Baru Kecamatan Sungai sembilan Dumai dalam mata pelajaran IPS.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 002 Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 11 murid laki-laki dan 11 murid perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai Juni 2008. dengan 4 kali pertemuan yang dibagi dalam 2 siklusPenelitian ini dilakukan di kelas V SDN 002 Basilam Baru dengan mengunakan media gambar dalam pelaksanaan tindakan selama penelitan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran.Parameter penelitian ini adalah hasil belajar siswa,ketuntasan belajar, motivasi belajar siswa, ativitas belajar siswa dan aktivitas guru.Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siwa disetiap pertemuan. Rata-rata daya serap siswa yang terlihat dari hasil ulangan harian siswa, dimana pada siklus I adalah 6,09 dengan kategori Cukup baik, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 7 dengan kategori baik.Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 90% dengan kategori sangat baik. Pada siklus II juga memperoleh skor 90 % dengan kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus pertemuan I adalah 82 % dengan Kategori tinggi, pada siklus pertemuan II rata-rata Aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 94 % dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan Motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 57 % dengan kategori kurang baik, sedangkan pada pertemuan II meningkat menjadi 70,8 % dengan kategori sedang. Pada siklus II pertemuan I motivasi belajar siswa menjadi 83 % dengan kategori tinggi, dan pada pertemuan II meningkat menjadi 92 % dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan ketuntasan belajar siswa dari 77 % meningkat menjadi 100 % dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak tersedia versi lain