CD Skripsi
Penerapan Metode Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 009 Kampung Pulau Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu
Kata Kunci : Metode pemberian tugas, motivasi siswa untuk meningkatkan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pemberian
tugas dapat meningkatkan belajar IPS di kelas III SDN 009 Kampung Pulau Kecamatan
Rengat. Penelitian ini dilakukan di kelas III dengan jumlag siswa 32 orang yang terdiri
dari 18 orang laku-laki dan 14 orang perempuan. Postes dilakukan untuk data hasil
belajar, aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pelaksanaan penerapan metode
pemberian tugas dicatat dalam lembar pengamatan data di analisis diskripsi dengan
analisis menggunakan rating scale dan menggunakan skala guttman.
Dari hasil observasi memperlihatkan perbedaan antara siklus I, siklus II, siklus
III dan siklus IV, rata-rata aktivitas guru (37,5%, 45,83%, 62,5% dan 93,83%) dan ratarata
aktivitas siswa (24,35%, 50%, 74,35% dan 89,74%), rata-rata motivasi siswa
(55,28%, 68,71% dan 75,85%), ini berarti bahwa penerapan metode pemberian tugas
dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran IPS.
ix
Tidak tersedia versi lain