CD Skripsi
Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Sains Fisika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT dan TGT di SMP N 23 Pekanbaru
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswa dalam
pembelajaran sains fisika melalui penerapan model kooperatif tipe NHT dan TGT di
SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun pelajaran 2008/2009. Instrumen pengumpulan data
penelitian adalah lembar pengamatan keterampilan sosial. Teknik pengumpulan data
adalah observasi. Data dianalisis secara deskriptif yang meliputi 5 indikator yaitu berada
dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong partisipasi,
mendengarkan dengan aktif dan mengajukan pertanyaan. Dari hasil analisis data
diperoleh rata-rata tingkat keterampilan sosial siswa 60,4% berada pada kategori tinggi
dan 39,6% pada kategori sedang. Untuk peningkatan (gain) keterampilan sosial siswa
diperoleh gain 1 sebesar 0,26 berada pada kriteria rendah, gain 2 sebesar 0,14 berada
pada kriteria rendah dan gain 3 sebesar 0,16 berada pada kriteria rendah. Dengan
demikian, penerapan model kooperatif tipe NHT dan TGT dapat melatihkan
keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru.
Kata kunci: keterampilan sosial, model pembelajaran NHT dan TGT
Tidak tersedia versi lain