CD Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sains Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas V SD Negeri 003 Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2010/2011
Telah dilaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil
belajar sains siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Rimba Melintang, pada
bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2010. Subjek penelitian adalah
siswa kelas V SD Negeri 003 Rimba Melintang dengan jumlah siswa 34 orang,
terdiri dari 16 siswa laki-laki, 18 orang siswa perempuan. Parameter penelitian ini
adalah hasil belajar siswa dilihat dari daya serap dan ketuntasan belajar, aktivitas
siswa, dan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
menunjukkan mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata daya serap siswa
70,76% (cukup) rata-rata daya serap siklus II 75,15% (baik). Ketuntasan belajar
Siklus I 91,17%, siklus II 100% (tuntas). Aktivitas siswa siklus I yaitu 69,84%
(cukup), siklus II 84,18% (sangat baik). Aktivitas guru siklus I 85% (baik), siklus
II 100% (sangat baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar sains kelas V SD Negeri
003 Rimba Melintang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Tidak tersedia versi lain