CD Skripsi
Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 005 Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak
Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok, Hasil Belajar.
Penelitian ini adalah dilaksanakan karena hasil dari pembelajaran IPS
sebagaimana yang diharapkan belum tercapai, hal ini terlihat dari banyaknya
siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sedangkan Standar Ketuntasan
Belajar Minimum (SKBM) yang ditetapkan sekolah adalah 65. Tujuan penelitian
ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 005
Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Metode penelitian
melibatkan 26 siswa sekolah dasar kelas IV. Dengan perumusan masalah: apakah
penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas IV SD Negeri 005 Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yaitu suatu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu
praktek pembelajaran di kelas. Tujuan untuk memecahkan permasalahan nyata
guru dalam kegiatan pengembangan profesinya. Yang diteliti tentang aktivitas
guru dengan kriteria sangat sempurna, sempurna, cukup sempurna, kurang
sempurna, dan tidak dilaksanakan sedangkan aktivitas siswa yang berdasarkan
kriteria sangat tinggi, tinggi, rendah, dan sangat rendah, serta yang diteliti itu
adalah hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa: Rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 71.5% dan
meningkat pada siklus II menjadi 94.95%. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I
adalah 74.4 dan meningkat pada siklus II menjadi 90. Selanjutnya hasil belajar
siswa pada siklus I adalah 61.5% dan kemudian pada siklus II hasil belajar
meningkat menjadi 92.3%. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 61.5%
dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 92.3% dengan
kriteria sangat baik, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah melebihi angka
yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75%. Disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 005 Berumbung Baru Kecamatan Dayun
Kabupaten Siak. Dalam hal ini hipotesis yang diajukan diterima.
Tidak tersedia versi lain