CD Skripsi
Aktivitas Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru
RSUD Arifin Achmad Pekanbaru sebagai rumah sakit milik daerah, difokuskan menjadi rumah sakit yang menjangakau masyarakat ekonomi menengah kebawah. Mengingat kondisi masyarakat Riau yang umumnya masih membutuhkan layanan kesehatan, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru perlu melakukan sosialisasi. Segala aktivitas dalam mengemas informasi dan mengelola komunikasi sebaik mungkin merupakan tugas penting dari Humas yaitu Sub. Bagian Hukum, Informasi, dan Kemitraan / Humas pada RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana aktivitas Humas RSUD Arifin Achmad dalam meningkatkan citra positif dan pelayanan kepada Masyarakat / pasien. Selain itu, juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Humas RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dalam aktivitasnya memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat / pasien. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data yang didasarkan pada kenyataan di lapangan melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Staff Sub. Bagia Hukum Informasi, dan Kemitraan / Humas dan beberapa perawat dan pasien. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah aktivitas Humas dalam meningkatkan citra positif perusahaan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif, dimana model ini terdiri dari tiga aktivitas utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Untuk mendapatkan kesimpulan yang objektif, peneliti mencoba mendalami dan menerobos masalahnya dengan menginterpretasikan berbagai masalah. Pengolahan data dengan deskiptif analitik untuk menjelaskan bagian-bagian dari keseluruhan data sehingga tersusun suatu rangkaian deskripsi yang sistematis.
Hasil penelitian dapat menunjukkan beberapa hal yang berkaitan dengan aktivitas Humas dalam meningkatkan citra positif di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru yaitu pengiriman pesan, menyelenggarakan konferensi pers, menyelenggarakan event, menyelenggarakan wawancara khusus dan menjadi nara sumber. (a) Humas secara umum telah melaksanakan tugas dan fungsi nya dengan baik walaupun masih terdapat kendala dalam pelaksanaanya; (b) Faktor pendukung dalam pelaksanaan aktivitas Humas adalah kedudukan Humas dalam sebuah bagian sendiri memudahkan Humas menyampaikan segala permasalahan secara langsung. Adapun faktor penghambat nya disebabkan manajemen rumah sakit yang kurang memahami arti penting keberadaan Humas, serta terlalu komplitnya tugas yang harus diemban oleh bagian Humas yang tidak sesuai dengan Sumber Daya Manusia yang ada serta minimnya karyawan yang berlatar belakang pendidikan Humas.
Tidak tersedia versi lain