Perbedaan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini Bersertifikat Pendidik Antara Yang Lulus Portofolio Dan Lulus Pendidikan Latihan Profesi Guru Taman Kanak-Kanak Se-Kota Pekanbaru
Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap guru
yang bersertifikat pendidik yang lulus Portofolio dan lulus Pendidikan Latihan
Profesi Guru dilihat dari cara atau proses pembelajaran memiliki perbedaan
kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi kinerja guru
pendidikan anak usia dini bersertifikat pendidik yang lulus Portofolio dan lulus
Pendidikan Latihan Profesi Guru Taman Kanak-kanak se-Kota Pekanbaru.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang guru yang
bersertifikat pendidik yang terdiri dari 27 orang guru yang lulus Portofolio dan 23
orang guru yang lulus Pendidikan Latihan Profesi Guru. Adapun teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kusioner dalam
bentuk skala likert. Teknik analisa data menggunakan ujicoba skala, uji instrumen
dan analisa metode statistik dengan program SPSS 17 dan didapatkan hasil kinerja
guru yang bersertifikat pendidik yang lulus Portofolio berada dalam katagori
sedang dan hasil kinerja guru bersertifikat pendidik yang lulus Pendidikan Latihan
Profesi Guru juga berada dalam kategori sedang. Hasil uji âtâ kinerja guru
diperoleh t hitung sebesar -2,686 dengan df 48, t tabel 1 %= 2,01 dan t tabel
5% =2,68. Karena t hitung (-2,686) lebih besar dari t tabel 1% (2,01) maka Ho
ditolak artinya ada perbedaan kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini
Bersertifikat Pendidik yang lulus Portofolio dan lulus Pendidikan Latihan Profesi
Guru Taman Kanak-kanak se-Kota Pekanbaru
Tidak tersedia versi lain