CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 023 Rumbai
Kata Kunci :Inkuiri, hasil belajar
Penelitian ini dilakukan bertolak dari masih banyak siswa yang belum
mencapai ketuntasan keterampilan berbicara memberikan saran. Rumusan
masalah dalam penelitian ini apakah penerapan metode diskusi kelompok dapat
meningkatkan keterampilan berbicara memberikan saran siswa kelas IV SDN 023
Rumbai? Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPS di kelas IV
SDN 023 Rumbai. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan jumlah siswa 23 orang.
Tindakan ini dilakukan bulan Maret tahun 2011. Kemampuan hasil belajar IPS
yang di peroleh dari data awal adalah 53,97 dengan 9,1% atau 2 orang siswa yang
tuntas memperoleh nilai minimal 64 sesuai standar KKM. Setelah diterapkan
model pembelajaran langsung pada siklus I UH I, diperoleh rata-rata kemampuan
berbicara memberikan saran siswa adalah 65,63 atau dengan ketuntasan 59,1%
atau 13 orang siswa. Siklus II UH II meningkat menjadi 73,26 dengan ketuntasan
86,4% atau 19 orang siswa. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan keterampilan berbicara
memberikan saran siswa kelas IV SDN 023 Rumbai. Dengan demikian, hipotesis
yang berbunyi jika diterapkan metode diskusi kelompok kecil maka, dapat
meningkatkan keterampilan berbicara memberikan saran siswa kelas IV SDN 023
Rumbai.
Tidak tersedia versi lain