CD Skripsi
Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 024 Pematang Langsat Kab. Rokan Hilir
Dilakukan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 024 Pematang Langsat dengan
penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini
dilakukan di kelas V yang terdiri dari 20 orang siswa yang dilaksanakan pada
bulan April sampai Mei 2011. Parameter yang diukur meliputi aktifitas belajar
siswa, hasil belajar dan ketuntasan belajar, sedangkan analisa data dilakukan
secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa mengalami
peningkatan antara lain : pada siklus I sebesar 61 % (baik) dan pada siklus II
sebesar 90 % (baik sekali). Dan aktifitas guru dikategorikan baik sekali. Hasil
belajar siswa dalam kategori baik di mana ketuntasan belajar pada siklus I adalah
70 % dan pada siklus II sebesar 100 % dan dinyatakan tuntas secara klasikal.
Dengan demikian pembelajaran dengan penerapan metode diskusi pada pokok
bahasan menghargai jasa dan penerapan tokoh perjuangan dalam
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SD Negeri 024 Pematang Langsat.
Tidak tersedia versi lain