CD Skripsi
Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad(Student Team Achievemen Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipasiswakelas Iv Di Sdn 008 Peladangan Kecamatan Batang Peranap Tahun Ajaran 2010/2011
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe STAD Pembelajaran IPA SD, Belajar
Kelompok
Mata pelajaran IPA di SD perlu diberikan dengan tujuan agar peserta didik
Memiliki kemampuan IPA. Untik itu hasil belajar IPA perlu ditingkatkan dengan
mengubah paradigma pendidikan di SD dari pembelajaran teacher centered ke
pembelajaran student centered. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 008
Peladangan Kecamatan Batang Peranap. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal
07 Maret 2011 sampai dengan 23 Maret 2011. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV SD Negeri 008 Peladangan yang berjumlah 15 Orang yang terdiri dari 8
orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Instrumen pengumpul data pada penelitian
ini adalah adalah lembaran observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Dari hasil
penelitian ini diperoleh daya serap siswa di bawah nilai KKM pada siklus I yang
mendapat ada 4 orang dan siklus II hanya 2 orang, yang mendapat ketuntasan
pada siklus I 11 orang, pada siklus II 13 orang. Ketuntasan belajar individu pada
siklus I ada 11 Orang dan ketuntasan klasikal 73,33%, pada siklus II ada 13 Orang
dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Rata-rata aktivitas guru pada siklus I
pertemuan satu adalah 69,44% dengan kategori cukup, pertemuan kedua adalah
86,11% dengan kategori kategori baik, pada siklus II pertemuan satu adalah
94,44% dengan kategori baik sekali, pada pertemuan kedua adalah 97,22%
dengan kategori baik sekali. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I pertemuan satu
adalah 61,11% dengan kategri cukup, pada pertemuan dua adalah 71,67% dengan
kategori baik, pada siklus II pertemuan satu adalah 81,11% dengan kategori baik,
pertemuan kedua adalah 86,11% dengan kategori Baik sekali. Dari penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 008
Peladangan Kecamatan batang Peranap tahun pelajaran 2010/2011.
Tidak tersedia versi lain