CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Proses Sains Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Di Kelas Va SDN 022 Sintong Kecamatan Tanah Putih
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa dalam pembelajaran Sains Fisika melalui penerapan Problem Based Instruction di SD Negeri 022 Sintong kelas Va pada semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011 pada materi pokok pesawat sederhana. Subjek penilaian berjumlah 34 orang siswa terdiri dari 19 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes hasil belajar keterampilan proses sebanyak 5 soal dalam bentuk essay. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Diperoleh rata-rata daya serap keterampilan 74,99 % dengan kategori baik, ketuntasan belajar keterampilan proses siswa secara klasikal yaitu 47 % dinyatakan tidak tuntas, dan ketuntasan materi pembelajaran dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 60 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan keterampilan proses siswa kurang efektif dalam pembelajaran sains fisika melalui penerapan model PBI di kelas Va SDN 022 Sintong pada materi pokok pesawat sederhana.
Kata kunci : Model PBI, keterampilan proses.
Tidak tersedia versi lain