CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 032 Rumbai Kota Pekanbaru
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 032 Rumbai dengan nilai rata-rata 53,93, dari 28 siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (57,14%) sedangkan yang mencapai KKM hanya 12 orang (42,86%). Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 032 Rumbai Kota Pekanbaru? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas IV SD Negeri 032 Rumbai Kota Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan pada semester genap (2) Tahun Pelajaran 2011/2012 pada bulan Februari 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 032 Rumbai Kota Pekanbaru dengan jumlah siswa 28 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu empat kali pertemuan materi dan dua kali Ulangan Harian.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) maka hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas Guru mengalami peningkatan sebesar 12,77% dari 78,89 % pada siklus I menjadi 91,66 % pada siklus II. Aktivitas Siswa juga mengalami peningkatan sebesar 12,5% yaitu dari 75% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil Belajar Siswa mengalami peningkatan dari skor dasar dengan rata-rata 53,93 meningkat sebesar 15,71 poin (29,13%) menjadi 69,64 pada UH Siklus I dan Selanjutnya pada UH Siklus II nilai rata – rata siswa meningkat 7,5 poin (10,77%) dari UH I menjadi 77,14. Ketuntasan secara klasikal mengalami peningkatan dari data awal 42,86% meningkat sebesar 32,14% menjadi 75% pada siklus I, selanjutnya meningkat lagi sebesar 25% menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 032 Rumbai Kota Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain