CD Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning ) Tipe Lingkaran Besar Lingkaran Kecil untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 011 Pulau Kedundung Kecamatan Kuantan Tengah
N a m a : NENI ASTUTI
N I M : 0905167241
Tahun : 2012
Judul :“ Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning ) Tipe Lingkaran Besar Lingkaran Kecil untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 011 Pulau Kedundung Kecamatan Kuantan Tengah Program Studi PKn Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau,Dosen Pembimbing 1 :Drs. Zahirman,MH ,Dosen Pembimbing 2 : Dr. Gimin,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak penggunaan metode pembelajaran kooperatif ( Cooperative Learning ) tipe lingkaran besar lingkaran kecil dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 011 Pulau Kedundung Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ,data yang dikumpulkan melalui penggunaan lembar observasi aktifitas nguru dan siswa.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan pada pembelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri 011 Pulau Kedundung ini,dampak yang terlihat dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe lingkaran besar lingkaran kecil adalah motivasi dan hasil belajar siswa berubah kearah yang lebih baik.Hal ini dapat dilihat melalui tabel aktifitas dan motivasi atau diagram aktifitas dan motivasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain