Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of penerapan model problem based learning (pbl) bermuatan budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas x.9 man 2 pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

penerapan model problem based learning (pbl) bermuatan budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas x.9 man 2 pekanbaru

Cewang Yuliantini 2005112648 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.9 MAN 2 Pekanbaru pada materi eksponen dan logaritma. Pada indikator pertama yaitu memahami masalah hanya 22,8% peserta didik yang mendapat skor maksimal. Pada indikator merencanakan pemecahan tidak ada peserta didik yang mendapat skor maksimal. Pada indikator ketiga yaitu melaksanakan rencana hanya 17,14% peserta didik yang mendapat skor maksimal. Pada indikator keempat yaitu menafsirkan hasil yang diperoleh hanya 5,71% peserta didik yang mendapat skor maksimal.
Hasil dari wawancara dengan guru matematika dan observasi terhadap proses pembelajaran di kelas X.9 MAN 2 Pekanbaru, peneliti menemukan permasalahan pembelajaran matematika yang perlu diperbaiki. Permasalahan yang dimaksud yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan peserta didik hanya menerima informasi dari guru, dan peserta didik tidak memahami langkah-langkah pemecahan masalah dan terfokus pada hasil akhir. Hal tersebut dikarenakan peserta didik tidak terbiasa mengerjakan soal yang melibatkan penyelesaian masalah kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan penerapan suatu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Model pembelajaran yang dapat dijadikan solusi untuk permasalahan di atas adalah model Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.9 MAN 2 Pekanbaru dengan menerapkan model PBL pada materi pokok barisan dan deret. Manfaat yang dicapai dalam penelitian ini adalah dapat memberikan suasana pembelajaran yang berbeda dimana peserta didik dalam mengonstruksi pengetahuannya dituntut untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.9 MAN 2 Pekanbaru.
vii
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.9 MAN 2 Pekanbaru sebanyak 35 peserta didik yang terdiri dari 16 laki-laki dan 19 perempuan dengan tingkat kemampuan akademik peserta didik yang heterogen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Perangkat pembelajaran terdiri dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, dan tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik
Hasil analisis aktivitas guru dan peserta didik selama penelitian, diperoleh bahwa pelaksanaan proses pembelajaran telah membaik untuk setiap pertemuan. Hal ini dapat dilihat bahwa adanya peningkatan kegiatan yang terlaksana semakin lebih baik selama proses pembelajaran, seperti peserta didik yang dapat memahami masalah yang diberikan pada LKPD, meningkatnya kerja sama peserta didik dengan teman sekelompoknya, peserta didik yang berani memberikan tanggapan selama diskusi, dan juga peserta didik yang menyimak setiap arahan dan memperhatikan kegiatan yang diberikan oleh peneliti. Hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh meningkatnya rerata nilai kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dari sebelum tindakan (tes awal) ke siklus I ke siklus II. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.9 MAN 2 Pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada materi barisan dan deret


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005112648
2005112648
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005112648
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – FKIP – Matematika., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005112648
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmat
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?