CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru
Proses pembelajaran berperan penting dalam mencapai tujuan pendidikan, khususnya dalam membangun kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah seperti yang ditekankan dalam Kurikulum Merdeka. Proses pembelajaran kimia, terutama pada materi kesetimbangan kimia yang bersifat abstrak, peserta didik sering menghadapi kesulitan memahami konsep dan menyelesaikan masalah. Data di SMA Negeri 12 Pekanbaru menunjukkan rata-rata nilai siswa dalam materi ini masih rendah, dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran juga belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang lebih efektif dan berpusat pada peserta didik, salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model ini menekankan pada proses bertanya, penyelidikan, pengumpulan data, hingga penarikan kesimpulan dengan bimbingan guru, sehingga peserta didik tidak hanya menghafal konsep tetapi juga memahami dan menerapkannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing guna meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain