CD Skripsi
Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Berdasarkan Teori Chemistry Concept Inventory (Cci) Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA Sederajat
Pemahaman konsep dalam pembelajaran kimia memiliki peran penting dalam membentuk pengetahuan ilmiah yang utuh pada peserta didik. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang mengalami miskonsepsi yaitu pemahaman keliru yang bertentangan dengan konsep ilmiah yang sebenarnya. Miskonsepsi ini seringkali terjadi pada materi yang bersifat abstrak seperti struktur atom, di mana peserta didik kesulitan memahami model atom, konfigurasi elektron, bilangan kuantum, hingga sifat-sifat periodik unsur. Miskonsepsi yang tidak segera teridentifikasi dapat menghambat proses belajar dan berdampak pada pemahaman materi lanjutan. Oleh karena itu, diperlukan instrumen evaluasi yang tidak hanya mengukur hasil belajar secara kognitif, tetapi juga mampu mendeteksi miskonsepsi secara spesifik dan akurat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik three-tier berdasarkan teori Chemistry Concept Inventory (CCI) guna mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi struktur atom kelas X SMA/MA sederajat. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa materi struktur atom yang bersifat abstrak kerap menimbulkan kesulitan belajar dan miskonsepsi di kalangan peserta didik. Selain itu, guru mengalami kesulitan dalam mendeteksi miskonsepsi karena keterbatasan instrumen yang tepat dan valid.....
Tidak tersedia versi lain