Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of 0penerapan Pendekatan0steam (Science, Technology, 0enginering, Art And Mathematics)  Dalam Pembelajaran Pjok Materi Beladiri0pencak Silat Pada0kelas Ix 0mts Hubbul Bilad
Bookmark Share

CD Skripsi

0penerapan Pendekatan0steam (Science, Technology, 0enginering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Pjok Materi Beladiri0pencak Silat Pada0kelas Ix 0mts Hubbul Bilad

Febrika Anwar / 2005113758 - Personal Name;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan keefektifan pendekatan STEAM jika diterapkan pada pembelajaran PJOK materi beladiri pencak silat. Masalah penelitian ini disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam proses pembelajaran, dan juga peserta didik belum aktif (pasif) dalam menerima materi yang diberikan, serta kurangnya variasi tenaga pendidik dalam memberikan materi sehingga mempengaruhi nilai kognitif dan psikomotor peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pendekatan STEAM dengan metode PBL pada materi pencak silat di kelas IX B MTs Hubbul Bilad telah berhasil meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar peserta didik, baik secara individu maupun secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari capaian pembelajaran pada siklus 1, dimana 56% peserta didik (14 orang) mencapai tingkat ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,00 untuk aspek pengetahuan dan 24% peserta didik (6 orang) mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 70,56 untuk aspek keterampilan. Selanjutnya, pada siklus 2, persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 80% (20 orang) dengan nilai rata-rata 83,20 untuk pengetahuan dan 96% (24 orang) dengan nilai rata-rata 80,68 untuk keterampilan. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dengan metode PBL harus disesuaikan dengan RPP yang telah disusun, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, baik dalam hal pemahaman materi pencak silat maupun penguasaan keterampilan.
Kata Kunci : STEAM, PJOK, Pencak Silat


Availability
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005113758
2005113758
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
2005113758
Publisher
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Kepelatihan Olahraga., 2024
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
2005113758
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Melda
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • COVER
  • RINGKASAN
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Comments

You must be logged in to post a comment

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?