CD Skripsi
penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas viii smp kartika i-5 pekanbaru
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya kemampuan komunikasi matematis dimiliki oleh peserta didik karena; (a) matematika adalah bahasa esensial yang tidak hanya sebagai alat berpikir, menemukan rumus menyelesaikan masalah, atau menyimpulkan saja, namun matematika juga memiliki nilai yang tak terbatas untuk menyatakan beragam idea secara jelas, teliti dan tepat; (b) matematika dan belajar matematika adalah jantungnya kegiatan sosial manusia, misalnya dalam pembelajaran matematika interaksi antara guru dan, peserta didik , antara , peserta didik dan ,peserta didik adalah faktor-faktor penting dalam memajukan potensi , peserta didik Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis (KKM) peserta didik pada tingkat SMP, masih tergolong sangat rendah, hal ini berdasarkan data dari tes awal KKM yang telah dilakukan peneliti di kelas VIII 2 SMP Kartika 1-5 Pekanbaru. Peneliti juga melakukan wawancara kepada peserta didik dan guru, berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru, yang mengakibatkan suasana di dalam kelas menjadi tegang dan kurangnya interaksi antar para peserta didik dan dalam proses pembelajaran, guru jarang membentuk kelompok belajar serta menggunakan LKPD saat proses pembelajaran. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi di kelas VIII 2 SMP Kartika 1-5 Pekanbaru, pembelajaran dikelas masih menggunakan metode ceramah atau berpusat kepada guru, banyak peserta didik yang tidak memperhatikan guru saat menerangkan materi, saat guru bertanya banyak peserta didik yang tidak merespon.
Proses pembelajaran pada kelas VIII 2 Kartika 1-5 Pekanbaru masih belum sesuai dengan Permendikbudristek No. 16 Tahun 2022. Proses pembelajaran pada kelas VIII 2 Kartika 1-5 Pekanbaru masih belum optimal dan peserta didik masih pasif dalam proses pembelajaran sehingga kemampuan komunikasi matematis peserta didik rendah. Faktor utama yang menjadi permasalahan tersebut adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
ii
Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik pada kegiatan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan berpusat kepada peserta didik yaitu model Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dan bekerjasama dalam kelompok yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengomunikasikan ide/gagasan, pengetahuan dan pemikiran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII 2 SMP Kartika I-5 Pekanbaru dengan menerapkan model PBL dengan mengaitkan fase-fase PBL pada indikator kemampuan komunikasi matematis. Manfaat yang dicapai dalam penelitian ini adalah dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, karena peserta didik dituntut untuk berdiskusi bersama teman kelompok, dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII 2 SMP Kartika 1-5 Pekanbaru.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 2 SMP Kartika 1-5 Pekanbaru sebanyak 18 Peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan dengan kemampuan heterogen. Berdasarkan analisis aktivitas guru dan peserta didik selama penelitian, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran telah mengalami perbaikan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis tes KKM peserta didik, telah terjadi peningkatan KKM. Rerata skor kemampuan komunikasi matematis juga mengalami peningkatan pada sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII 2 SMP Kartika 1-5 Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2024/2025 pada topik statistika.
Tidak tersedia versi lain