CD Skripsi
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas vii smp teknologi pekanbaru
Salah satu fenomena yang terjadi dalam pembelajaran teks prosedur
khususnya siswa kelas VII SMP Teknologi Pekanbaru adalah kurang
maksimalnya keterampilan siswa dalam menulis sebuah teks prosedur.
Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan bersama guru Bahasa
Indonesia terkait, hal ini disebabkan suasana belajar yang kurang mampu
mengajak siswa agar antusias mengikuti pembelajaran. Guru menggunakan
metode demonstrasi yang hanya berpusat pada pendidik sehingga peserta didik
kurang dilibatkan secara aktif. Berdasarkan hal itu, model pembelajaran
kooperatif menjadi salah satu solusi yang bisa diimplementasikan dalam
permasalahan tersebut. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada pembelajaran menulis teks
prosedur dengan tujuan agar peserta didik ikut berperan aktif selama masa
pembelajaran dan meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur yang mereka
miliki.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis
teks prosedur siswa kelas VII SMP Teknologi Pekanbaru sebelum implementasi
model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. (2) Mendeskripsikan
kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Teknologi Pekanbaru
setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. (3)
Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball
throwing terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP
Teknologi Pekanbaru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Bentuk penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Metode
yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode one group pretest-posttest
design. Populasi penelitian ini adalah sluruh siswa kelas VII SMP Teknologi
Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih melalui teknik simple random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan test, wawancara, dan dokumentasi.
v
Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji
hipotesis.
Dalam penelitian ini terlihat bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa
sebelum dan sesudah perlakuan mengalami peningkatan yang cukup signifikan
yakni dari rata-rata 52,48 meningkat menjadi 77,66. Dengan kata lain, pada nilai
pretest sebanyak 15 siswa (51%) berada pada kelompok sangat rendah, delapan
siswa (28%) berada pada kelompok rendah, enam siswa (21%) berada pada
kelompok sedang, tidak terdapat siswa pada kelompok tinggi dan sangat tinggi.
Nilai tersebut kemudian meningkat setelah diberikan perlakuan. Hal ini diketahui
melalui nilai posttest yang menjelaskan bahwa tidak terdapat siswa yang berada
pada kelompok sangat rendah, dua siswa (7%) berada pada kelompok rendah, 20
siswa (69%) berada pada kategori sedang, empat siswa (14%) berada pada
kategori tinggi, dan tiga siswa (10%) berada pasa kategori sangat tinggi.
Hasil uji korelasi terhadap data menunjukkan bahwa nilai nilai pearson
correlation sebesar 0.200. Nilai tersebut bermakna model pembelajaran kooperatif
tipe snowball throwing sendiri memberikan pengaruh positif sebesar 20%
terhadap kemampuan menulis teks prosedur peserta didik, di luar faktor lain yang
pada penelitian ini tidak menjadi pokok pembahasan. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis melalusi uji Wilcoxon, negative rank bernilai 0 yang berarti bahwa tidak
terdapat siswa yang mengalami penurunan nilai dari tes awal (pretest) ke tes akhir
(posttest). Ties bernilai 0 yang berarti tidak ada siswa yang memiliki nilai sama
antara pretest dan posttest. Kemudian pada tabel test statistic dapat dilihat bahwa
Asymp Sig (2-tailed) bernilai 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Artinya, terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dengan posttest sehingga
dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing
berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP
Teknologi Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain