Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik kelas x tlm 2 smk abdurrab pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas x tlm 2 smk abdurrab pekanbaru

Putri Puji Astuti 2105111532 - Nama Orang;

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (KPMM) merupakan
kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan
matematika dengan indikator-indikator KPMM, yaitu: (1) memahami masalah; (2)
merencanakan pemecahan masalah; (3) melaksanakan rencana pemecahan
masalah; (4) menafsirkan hasil yang diperoleh. Hasil observasi, wawancara, dan tes
awal KPMM peserta didik kelas X TLM 2 SMK Abdurrab Pekanbaru menunjukkan
bahwa: (1) KPMM peserta didik masih tergolong rendah; (2) peserta didik kesulitan
dalam menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh soal yang biasanya diberikan
oleh guru; (3) pembelajaran perpusat pada guru dan monoton; (4) peserta didik
tidak terlibat aktif dalam mengajukan ide selama proses pembelajaran, sehingga
peserta didik tidak dapat merencanakan dan melaksanakan ide-ide matematis secara
mandiri.
Berdasarkan informasi yang telah diuraikan, maka perlu dilakukan
perbaikan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan mutu pembelajaran serta
KPMM peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan
menerapkan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik pada
penyelesaian masalah yang autentik, bekerja dalam kelompok agar proses
pembelajaran interaktif dan menyenangkan serta berpusat pada peserta didik. Salah
satu model pembelajaran yang memiliki karakteristik untuk membawa
permasalahan dunia nyata ke dalam pembelajaran adalah model Problem Based
Learning (PBL) (Noresti & Silalahi, 2023)
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan
meningkatkan KPMM peserta didik kelas X TLM 2 SMK Abdurrab Pekanbaru
semester genap tahun pelajaran 2024/2025 pada topik Sistem Pertidaksamaan
Linear Dua Variabel melalui penerapan model PBL. Manfaat yang diperoleh yaitu
dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan
meningkatkan KPMM peserta didik kelas X TLM 2 SMK Abdurrab Pekanbaru.
Penelitian ini juga dapat menjadi masukan dan referensi dalam proses pembelajaran
ii
dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran
di SMK Abdurrab Pekanbaru, serta sebagai inovasi dan kreativitas dalam
pelaksanaan pembelajaran.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas X TLM 2 SMK Abdurrab Pekanbaru sebanyak 29 peserta didik. Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari perangkat pembelajaran
dan instrumen pengumpul data yang mencakup lembar pengamatan aktivitas guru
dan peserta didik selama empat kali pertemuan serta lembar tes KPMM. Perangkat
pembelajaran terdiri dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik pengamatan dan asesmen.
Teknik analisis data terdiri dari analisis data aktivitas guru dan peserta didik, serta
analisis data hasil asesmen KPMM.
Hasil analisis terhadap aktivitas guru dan peserta didik selama penelitian
menunjukkan bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan hasil
belajar matematika siswa dari sebelum tindakan ke sesudah tindakan. Perbaikan
proses belajar setelah diterapkan PBL, peserta didik berpartisipasi aktif dalam
proses pembelajaran, peserta didik berani mengajukan pertanyaan dan dapat
menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Peningkatan hasil belajar matematika
peserta didik dapat dilihat dari peningkatan rerata nilai KPMM. Rerata nilai KPMM
awal adalah 11,2% meningkat menjadi 26,71% pada siklus I, dan meningkat lagi
menjadi 55,60% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X
TLM 2 SMK Abdurrab Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2024/2025 pada
topik Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2105111532
2105111532
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2105111532
Penerbit
Pekanbaru : UNRI – FKIP – Pendidikan Matematika., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2105111532
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmat
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?