CD Skripsi
analisis pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas x di sma negeri 1 kuantan hilir seberang
Pendidikan memiliki peran strategis dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal sikap, perilaku, ilmu pengetahuan. Proses pembelajaran menjadi suatu hal yang sangat penting dalam tercapainya keberhasilan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi dari tingkat motivasi dan kepercayaan diri peserta didik dalam proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang. Berdasarkan hasil pra riset diketahui bahwa peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran dan merasa kurang percaya diri akan kemampun dirinya atau bisa dikatakan tingkat motivasi belajar dan kepercayaan diri peserta didik tergolong rendah. Rendahnya tingkat motivasi belajar dan kepercayaan diri pada peserta didik nantinya akan berakibat juga pada prestasi belajar yang akan didapatkan. Oleh karna itu, perlunya dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri baik secara parsial ataupun simultan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang.
Motivasi belajar terdiri dari 6 indikator yaitu keinginan untuk berhasil, dorongan dan kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan belajar menarik dan lingkungan belajar kondusif. Sementara kepercayaan diri terdiri dari 7 indikator yaitu yakin akan keberhasilah diri, mampu mengatasi masalah yang dihadapi, berani menghadapi tantangan, menyadari kekuatan dan kelemahan diri, menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan beradaptasi, pandangan terhadap pelajaran dan pembelajaran kimia, dan tangguh atau tidak mudah menyerah. Setiap indikator ini memiliki peran pada tingkat motivasi belajar dan kepercayaan diri peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dari bulan Mei-Juni 2025. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 peserta didik. Peneliti melakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia peserta didik, diperoleh nilai signifikansi lebih kecil
ii
dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang sebesar 24,4%. Selanjutnya dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar kimia peserta didik, diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,034 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang dengan kontribusi sebesar 5,4%. Kemudian dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri secara simultan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik, diperoleh hasil bahwa apabila motivasi belajar dan kepercayaan diri meningkat, maka prestasi belajar peserta didik juga meningkat. Besarnya pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang sebesar 25,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Tidak tersedia versi lain