Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of analisis pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas x di sma negeri 1 kuantan hilir seberang
Penanda Bagikan

CD Skripsi

analisis pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas x di sma negeri 1 kuantan hilir seberang

Anggea Selvitra 2005126846 - Nama Orang;

Pendidikan memiliki peran strategis dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal sikap, perilaku, ilmu pengetahuan. Proses pembelajaran menjadi suatu hal yang sangat penting dalam tercapainya keberhasilan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi dari tingkat motivasi dan kepercayaan diri peserta didik dalam proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang. Berdasarkan hasil pra riset diketahui bahwa peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran dan merasa kurang percaya diri akan kemampun dirinya atau bisa dikatakan tingkat motivasi belajar dan kepercayaan diri peserta didik tergolong rendah. Rendahnya tingkat motivasi belajar dan kepercayaan diri pada peserta didik nantinya akan berakibat juga pada prestasi belajar yang akan didapatkan. Oleh karna itu, perlunya dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri baik secara parsial ataupun simultan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang.
Motivasi belajar terdiri dari 6 indikator yaitu keinginan untuk berhasil, dorongan dan kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan belajar menarik dan lingkungan belajar kondusif. Sementara kepercayaan diri terdiri dari 7 indikator yaitu yakin akan keberhasilah diri, mampu mengatasi masalah yang dihadapi, berani menghadapi tantangan, menyadari kekuatan dan kelemahan diri, menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan beradaptasi, pandangan terhadap pelajaran dan pembelajaran kimia, dan tangguh atau tidak mudah menyerah. Setiap indikator ini memiliki peran pada tingkat motivasi belajar dan kepercayaan diri peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dari bulan Mei-Juni 2025. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 peserta didik. Peneliti melakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia peserta didik, diperoleh nilai signifikansi lebih kecil
ii
dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang sebesar 24,4%. Selanjutnya dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar kimia peserta didik, diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,034 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang dengan kontribusi sebesar 5,4%. Kemudian dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri secara simultan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik, diperoleh hasil bahwa apabila motivasi belajar dan kepercayaan diri meningkat, maka prestasi belajar peserta didik juga meningkat. Besarnya pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang sebesar 25,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005126846
2005126846
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005126846
Penerbit
Pekanbaru : UNRI – FKIP – Pendidikan Kimia., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005126846
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN KIMIA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmat
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?