CD Skripsi
Opini Mahasiswa Ilmu Komunikasi fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Riau Terhadap Iklan Rokok Sampoerna A MILD Di Televisi
Iklan merupakan salah satu sarana komunikasi untuk mempengaruhi massa. Banyaknya iklan yang ditayangkan di televisi membuat audiens yang menyaksikan berfikir apa isi pesan yang disampaikan dalam setiap iklan tersebut. Iklan rokok Sampoerna A Mild ini memiliki kesan yang sulit dipahami oleh audiensnya karna setiap tampilan iklannya membuat audiens bertanya-tanya apa tujuan dan maksud dari iklan tersebut. Iklan ini dikemas dengan menarik agar dapat mempengaruhi audiensnya dan membuat perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unri terhadap iklan rokok Sampoerna A Mild di televisi dan dampak apa yang ditimbulkan setelah menyaksikan iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unri, sedangkan objeknya adalah bagaimana opini mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unri terhadap iklan rokok Sampoerna A Mild di televisi. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 10 orang, diambil berdasarkan kriteria yang memenuhi syarat penelitian atau secara purposive sampling. Untuk mengetahui opini mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unri terhadap iklan rokok Sampoerna A Mild ini, dan mengetahui dampak yang ditimbulkan terhadap mahasiswa Ilmu Komuniksi Fisip setelah menyaksikan iklan rokok Sampoerna A Mild, maka penulis menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unri berpendapat bahwa iklan rokok Sampoerna A Mild yang tayang di televisi merupakan iklan yang cerdas, kreatif dan menggambarkan realita sosial. Setiap iklannya mengandung makna yang menimbulkan berbagai opini di pikiran audiens yang menyaksikannya. Kehadiran iklan rokok Sampoerna A Mild ini memberikan dampak bagi para audiensnya baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positifnya yaitu informan lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikan dan terinspirasi lebih kreatif di bidang apa saja termasuk dalam bidang periklanan dan dapat melihat realitas kehidupan yang ada dengan kritis. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan tidaklah berpengaruh signifikan pada kehidupan informan, hanya saja mempengaruhi pikiran mengenai susahnya kuliah karena biaya yang besar, selain itu semakin banyak pula mahasiswa yang mengkonsumsi rokok.
Tidak tersedia versi lain