CD Skripsi
Faktor yang mempengaruhi anak didik mengikuti kegiatan didikan subuh di madrasah diniyah awaliyah (mda) al-a’raaf kelurahan tangkerang tengah kecamatan marpoyan damai kota pekanbaru
Penelitian ini berjudul: Faktor yang Mempengaruhi Anak Didik
Mengikuti Kegiatan Didikan Subuh di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-
A’Raaf Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai Kota
Pekanbaru.
Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1)
Apakah faktor internal yang mempengaruhi anak didik untuk mengikuti kegiatan
didikan subuh? 2) Apakah faktor eksternal yang mempengaruhi anak didik untuk
mengikuti kegiatan didikan subuh? 3) Manakah faktor yang paling dominan
apakah faktor internl dan eksternal mempengaruhi anak didik untuk mengikuti
kegiatan didikan subuh pada MDA Al-Ar`af Kelurahan Tangkerang Tengah
Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dominan
mempengaruhi anak didik mengikuti kegiatan didikan subuh di Madrasah Diniyah
Awaliyah (MDA) Al-A’Raaf Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan
Marpoyan Damai Kota Pekanbaru.
Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 59 siswa,
yang tersebar dalam 2 kelas (9 orang kelas pagi dan 50 orang kelas siang). Dalam
pengambilan sampel digunakan teknik sensus (total). Untuk sampel uji coba
dilakukan sebanyak 30 siswa. Instrumen faktor yang mempengaruhi anak didik
mengikuti kegiatan didikan subuh digunakan angket. Untuk memaparkan data
penelitian digunakan perhitungan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi
anak didik untuk mengikuti kegiatan didikan subuh, baik dari kegiatan didikan
muhadarah, didikan azan, didikan praktek sholat, serta didikan pembacaan ayat
pendek termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan, faktor eksternal yang
mempengaruhi anak didik untuk mengikuti kegiatan didikan subuh, baik dari
kegiatan didikan muhadarah, didikan azan, didikan praktek sholat, serta didikan
pembacaan ayat pendek termasuk dalam kategori kurang baik, terutama pada
aspek teman bergaul, dukungan keadaan ekonomi keluarga yang mempengauhi
siswa untuk mengikuti kegiatan didikan muhadarah, didikan azan, didikan praktek
sholat, serta didikan pembacaan ayat pendek termasuk dalam kategori kurang
baik.
Artinya, faktor yang dominan mempengaruhi anak didik untuk mengikuti
kegiatan didikan subuh, baik dari kegiatan didikan muhadarah, didikan azan,
didikan praktek sholat, serta didikan pembacaan ayat pendek di Madrasah Diniyah
Awaliyah (MDA) Al-A’Raaf Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan
Marpoyan Damai Kota Pekanbaru cenderung pada faktor internal.
Tidak tersedia versi lain