CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 174 Pekanbaru
Penelitian ini dilakukan karena masih ditemukan rendah keterampilan membaca permulaan siswa melalui pendekatan kontekstual (CTL) pada siswa kelas I SD Negeri 174 Pekanbaru. Hal ini terlihat dari fenomena dilapangan seperti 1).Rendahnya Kemampuan siswa kelas I dalam membaca permulaan dengan memperhatikan lafal, intonasi, kelancaran dan tempat berhenti, dimana dari 40 siswa hanya 17 orang yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah (minimal nilai 70). 2). Rendahnya minat siswa membaca dipengaruhi oleh cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan tidak memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembelajaran di pkelas I. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Kelas I SD Negeri 174 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Dengan perumusan masalah “Apakah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Memperhatikan Lafal, Intonasi, Kelancaran dan Tempat Jeda Siswa Kelas I SD Negeri 174 Pekanbaru?”. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus. Dari hasil analisis data keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 174 Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian ,disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 174 Pekanbaru Pada pembelajaran Bahasa Indonesia . Hal ini berdasarkan terjadinya peningkatan yaitu hasil tes pada siklus I menunjukan bahwa keterampilan dalam membaca permulaan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkat, dari data awal rata-rata 64 meningkat pada siklus I dengan rata-rata 72 dan meningkat menjadi 86,2 pada siklus II.
Tidak tersedia versi lain