CD Skripsi
Strategi Marketing Politik Azhari Nardi Dan Yohanes Lindung Mangatas Simbolon Dari P-Dip Dalam Memenangkan Kursi Dprd Kabupaten Kampar Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh Azhari dan Yohanes dalam menghadapi Pemilu Kabupaten Kampar Pada Tahun 2024. Sehingga suara menjadi naik, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh Azhari dan Yohanes sejalan dengan model pendekatan teori Adnan Nursal yaitu 3P yang terstruktur dan terarah dengan tepat.
Strategi pemasaran politik yang digunakan oleh Azhari dan Yohanes di antaranya. Pertama, pull marketing yaitu melalui Instagram, Facebook, dan Tiktok. Kedua, push marketing dengan cara mengadakan pertemuan dengan masyarakat. Ketiga, pass marketing dengan mengajak tokoh lokal agar ikut mendukung Azhari dan Yohanes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi masyarakat, kemajuan teknologi dan Tokoh-tokoh lokal, aspek internal, aspek eksternal merupakan faktor pendukung proses strategi pemasaran Partai P-DIP. Terdapat juga beberapa hambatan dalam proses pemasaran politik yang dilakukan oleh Partai P-DIP yang di antaranya adalah kurangnya basis masa dan kurangnya jaringan dengan Partai-Partai besar lainnya.
Kata kunci : Pull Marketing, Push Marketing, Pass Marketing, Partai, Pemasaran Politik, Peningkatan, P-DIP.
Tidak tersedia versi lain