CD Skripsi
pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap persepsi siswa dalam prestasi belajar siswa di sman 3 bangko pusako rokan hilir
Status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Faktor-faktor seperti tingkat pendidikan orang tua, pekerjaan, dan pendapatan keluarga dapat menentukan sejauh mana orang tua mampu menyediakan fasilitas belajar yang memadai, seperti buku, internet, les tambahan, dan lingkungan belajar yang kondusif.
Orang tua dengan latar belakang sosial ekonomi tinggi cenderung lebih mampu mendukung kebutuhan pendidikan anak, baik secara materiil maupun motivasional. Sebaliknya, siswa dari keluarga dengan kondisi sosial ekonomi rendah mungkin menghadapi berbagai hambatan, seperti keterbatasan sumber belajar, kurangnya dukungan akademik di rumah, atau keharusan membantu orang tua bekerja, yang dapat mengganggu fokus dan waktu belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap persepsi siswa dalam prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Bangko Pusako, Rokan Hilir. Sosial ekonomi keluarga dianggap sebagai salah satu faktor eksternal yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa melalui akses terhadap fasilitas pendidikan dan dukungan keluarga. Seperti dapat dilihat dari awal observasi, 50% nilai siswa di bawah 75 poin yang ditetapkan KKM. Hal ini dapat disimpulkan prestasi akademik siswa SMA Negeri 3 Bangko Pusako Rokan Hilir masih rendah. Dan penulis menemukan beberapa permasalahan yakni: (1) Beberapa orangtua siswa memiliki status sosial ekonomi yang lebih baik, tetapi prestasi akademiknya buruk, (2) Beberapa orang tua siswa memiliki status sosial ekonomi yang buruk, tetapi mereka memiliki nilai yang sangat baik, (3) Beberapa siswa yang orang tuanya memiliki kondisi sosial ekonomi yang relatif baik sering terlambat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Bangko Pusako Rokan Hilir, terdapat 12 ruang kelas dengan jumlah siswa 268 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang. Teknik analisis yakni uji instrumen, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis dan uji koefesien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Bangko Pusako, Rokan Hilir. Hubungan positif ini menunjukkan bahwa semakin baik kondisi sosial ekonomi keluarga, semakin besar peluang siswa untuk meraih prestasi akademik yang lebih tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa dukungan finansial dan emosional dari orang tua, termasuk akses terhadap fasilitas pendidikan dan lingkungan belajar yang kondusif, merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan akademik siswa. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan akses pendidikan bagi siswa dari keluarga dengan latar belakang sosial ekonomi rendah menjadi langkah strategis untuk mengurangi kesenjangan prestasi dan menciptakan peluang belajar yang setara bagi semua siswa.
Rekomendasi diberikan kepada sekolah dan pihak terkait untuk menyediakan fasilitas pendukung bagi siswa dari keluarga ekonomi rendah guna meningkatkan peluang mereka dalam mencapai prestasi yang lebih baik. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan yang perlu diakui. Pertama, Hasil ini mengindikasikan perlunya perhatian lebih lanjut dalam peningkatan kondisi sosial ekonomi keluarga untuk mendukung pendidikan yang lebih baik. Hasil ini mengindikasikan bahwa para responden memiliki tingkat prestasi belajar yang memadai, mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang positif.
Tidak tersedia versi lain