CD Skripsi
Diplomasi Australia Dalam Bidang Pendidikan Di Indonesia (2014-2021)
ABSTRAK
Upaya diplomasi di bidang pendidikan sangat diperlukan untuk membangun pendidikan bagi seluruh masyarakat agar terciptanya suatu sistem edukasi berkualtas yang adil dan merata. Australia melakukan diplomasi dalam bidang pendidikan di Indonesia untuk mempromsikan kepentingan nasionalnya, dan mengingat kondisi pendidikan di Indonesia yang masih mengalami banyak masalah, seperti kurangnya ketersediaan dana pendidikan, rendahnya kualitas tenaga pendidik, serta tidak tersedianya fasilitas yang memadai. Kerjasama Australia dan Indonesia dalam bidang pendidikan ini ditopang oleh MoU yang mencakup kerjasama di semua tingkat pendidikan. Dalam hal ini penelitian ini akan membahas mengenai upaya diplomasi Australia dalam bidang pendidikan di Indonesia.
Analisis dalam penelitian ini dilandaskan pada teori Multi track Diplomacy yang mengimplementasikan diplomasi di bidang pendidikan melalui 9 jalur. Perspektif yang digunakan ialah pespektif pluralisme yang berpendapat bahwa aktor dalam HI sangat beragam dan keberadaan aktor-aktor tersebut sangat berpengaruh. Sehingga penelitian ini akan menganalisis aktor-aktor yang terlibat dalam program-program pendidikan Australia dan Indonesia. Level analisa dalam peneitian ini ialah Negara-bangsa dangan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian dilakukan meliputi kegiatan pengumpulan, penyusunan, dan analisis data. Penelitian ini dibatasi pada kurun waktu tahun 2014-2021.
Upaya diplomasi Australia dalam bidang pendidikan terhadap Indonesia telah berhasil dilaksanakan melalui jalur-jalur dalam Multi Track Diplomacy. Program pendidikan di Indonesia berjalan baik dengan hadirnya berbagai aktor, seperti pemerintah, kalangan profesional, masyarakat, akademisi, aktivis, lembaga, organisasi, dan media yang berpartisipasi dalam implementasi kerjasama pendidikan antara Australia dan Indonesia.
Kata Kunci: Australia, Indonesia, Multi Track Diplomacy, pendidikan
Tidak tersedia versi lain