CD Skripsi
Perbedaan Self Efficacy Siswa Berprestasi Akademik Dan Non Akademik Kelas XII SMAN 2 Mandau
Self efficacy adalah penilaian seseorang terhadap kemampuannya dalam mengatur dan melaksanakan rencana tindakan yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Prestasi belajar yang dihasilkan siswa dapat mempengaruhi penilaian mereka terhadap kemampuan yang mereka miliki yang menandakan bahwa pengalaman keberhasilan merupakan sumber yang memberikan pengaruh besar terhadap self efficacy seseorang karena didasarkan pada pengalaman pengalaman pribadi seseorang secara nyata. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) gambaran self efficacy siswa yang berprestasi akademik kelas XII SMAN 2 Mandau, 2) mengetahui gambaran self efficacy Siswa yang berprestasi non akademik kelas XII SMAN 2 Mandau, dan 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan self efficacy siswa yang berprestasi akademik dan non akademik kelas XII SMAN 2 Mandau.
Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN 2 Mandau menggunakan populasi penelitian ialah siswa beprestasi akademik dan siswa beprestasi non akademik Kelas XII. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample dan ukuran sampel dengan rumus Yamane dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh jumlah sampel untuk siswa berprestasi akademik sejumlah 50 orang dan siswa berprestasi non akademik sejumlah 75 orang. Penelitian ini menggunakan skala self efficacy.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Self efficacy siswa yang berprestasi akademik kelas XII SMAN 2 Mandau berada pada kategori sedang, 2) Self efficacy siswa yang berprestasi non akademik kelas XII SMAN 2 Mandau berada pada kategori sedang, dan 3) Hasil uji Independent Sample T Test didapatkan bahwa thitung senilai 1,065 yang mana thitung tersebut lebih kecil dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,657. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan self efficacy siswa yang berprestasi akademik dan non akademik kelas XII SMAN 2 Mandau.
Tidak tersedia versi lain