CD Disertasi
Efektivitas Konseling Kelompok Melalui Teknik Play Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru
Manusia merupakan makhluk sosial dimana tidak dapat hidup secara individual. Untuk dapat menunjang hubungan sosialnya diperlukan kepercayaan diri, seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang baik dapat lebih mudah diterima di lingkungan sosialnya. Studi pendahuluan dan wawancara yang dilakukan dengan guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 23 Pekanbaru, diketahui bahwa ketika guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan klasikal di kelas terlihat masih ada beberapa siswa yang malu-malu, merasa ragu-ragu dan takut dalam menyampaikan pendapatnya. Bahkan beberapa siswa hanya berdiam diri tanpa menjawab pertanyaan yang diajukan. Hasil AKPD (Angket Kebutuhan Peserta Didik) yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 23 Pekanbaru pada kelas VIII. A tahun 2021 memperoleh gambaran permasalahan siswa sebesar 30,00% memiliki masalah terbesar dalam bidang pribadi, termasuk juga didalamnya mengenai kepercayaan diri. Hal ini tentu akan mempengaruhi perkembangan anak didalam hubungan sosialnya
Tidak tersedia versi lain