CD Skripsi
Persepsi Mahasiswa Terhadap Manfaat Aplikasi Minato Pada Pembelajaran Kompetensi Berbahasa Jepang Dalam Tugas Mandiri
Pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan jumlah orang Indonesia yang studi ke Jepang pun mengalami peningkatan signifikan, sekitar 28,6%. (Japan Student Service Association (JASSO), 2017). Perkembangan ini tidak terlepas dari berbagai jenis buku pembelajaran dan aplikasi online pembelajaran bahasa Jepang. Adanya berbagai aplikasi pembelajaran online semakin membuka peluang bagi pembelajar bahasa Jepang untuk menambah pengalaman belajar bahasa Jepang dengan mudah. Salah satu aplikasi online yang mendukung adalah Japanese E-learning Minato (Minato). Minato merupakan aplikasi dari buku yang Marugoto: bahasa dan kebudayaan yang diterbitkan oleh Japan Foundation. Penggunaan Minato sebagai tugas mandiri diterapkan dalam mata kuliah Nihongo Shokyuu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap manfaat aplikasi Minato pada pembelajaran kompetensi berbahasa Jepang dalam tugas mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket tertutup menggunakan skala Likert.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan mahasiswa merasa setuju dengan pernyataan angket yang diberikan bahwa penggunaan Minato pada tugas mandiri bermanfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi linguistik, kompetensi sosiolinguistik, dan kompetensi pragmatik.
Tidak tersedia versi lain