CD Skripsi
Pengembangan LKPD Berbasis Android Untuk Pembelajaran Menulis Teks Transaksional Bahasa Jepang Kelas X SMK Tigama Pekanbaru
Pada era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini, kemampuan bahasa memiliki peranan penting sebagai bekal bersaing di dunia kerja. Kemampuan ini tentu harus dimiliki oleh peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan yang memang dipersiapkan untuk dapat terjun ke dunia kerja sesuai bidang keahliannya. SMK Tigama Pekanbaru adalah Sekolah Menengah Kejuruan berbasis pariwisata yang mencantumkan bahasa Jepang dalam kurikulum sekolah. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Jepang dan agar tercapainya tujuan pembelajaran dengan maksimal, dapat didorong dengan adanya media pembelajaran. Dalam hal ini penulis mengembangkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Android sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk memaksimalkan alokasi waktu pembelajaran bahasa Jepang yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Android oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu, juga untuk mengetahui hasil respon pengguna Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Android kepada guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket tertutup menggunakan skala Likert.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Android yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis teks transaksional lisan pada materi watashi no kazoku
Tidak tersedia versi lain