CD Skripsi
Pemahaman Lintas Budaya Dalam Pembelajaran Membaca Pada Mahasiswa Angkatan 2021
Budaya Jepang dan Indonesia sangat beragam sehingga diperlukan pemahaman untuk menyeimbanginya. Hal ini sependapat dengan Armanto (2007) yang mengemukakan bahwa pentingnya memahami lintas budaya sehingga perbedaan itu tidak mengakibatkan persoalan atau kesalahpahaman bagi kedua pihak yang terlibat.
Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang “Pemahaman Lintas Budaya dalam Pembelajaran Membaca pada Mahasiswa Angkatan 2021” yang betujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman lintas budaya mahasiswa Angkatan 2021 pada sebuah teks bacaan, maka dilakukan tes kepada mahasiswa yang bersangkutan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitaitf. Instrumen yang digunakan berupa soal tes yang bertujuan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang pemahaman lintas budaya mahasiswa.
Adapun kisi-kisi tes dibuat berdasarkan pendapat Anderson et al (2010) yang mengemukakan tentang pemahaman diantaranya Pemahaman Inferring (menyimpulkan), Pemahaman Comparing (membandingkan), dan Pemahaman Explaining (menjelaskan).
Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil tes yang menunjukkan pemahaman lintas budaya mahasiswa berada pada kategori rendah, sedang, dan tinggi. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa sudah memahami lintas budaya dan perbedaan budaya yang ada namun masih dalam kategori sedang.
Tidak tersedia versi lain