CD Skripsi
Analisis Kesalahan Penggunaan Partikel Ni Dan De Dalam Sakubun Pada Mahasiswa Angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Unri
Menulis karangan dalam bahasa Jepang merupakan salah satu aspek yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa Jepang. Oleh sebab itu, beberapa kemampuan yang harus diperhatikan dalam menulis karangan seperti kemampuan tata bahasa, kosakata, serta kemampuan menuangkan ide agar dapat tersampaikan dengan baik. Selain kemampuan tersebut, terdapat faktor yang berpengaruh dalam menulis karangan yaitu pemahaman partikel. Terdapat banyak partikel dalam bahasa Jepang dan memiliki fungsi yang beragam sehingga memicu timbulnya kesalahan dalam menulis karangan (sakubun). Penulis meneliti penggunaan partikel ni dan de, yang mana partikel ini memiliki kemiripan dalam penggunaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan partikel ni dan de dalam sakubun pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian adalah sakubun mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berjumlah 6 orang yang mengandung kesalahan penggunaan partikel ni dan de.
Pada penelitian ini ditemukan kesalahan pada 13 kalimat dalam sakubun. Diantaranya, kesalahan partikel yang paling banyak muncul adalah penggunaan partikel ni dalam fungsi penggunaan yang menunjukan arah atau tujuan suatu tindakan setelah kata benda. Kesalahan yang muncul tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi terkhususnya partikel ni dan de. Selain itu, kesalahan ini terjadi diakibatkan kurang pahamnya mahasiswa terhadap partikel ni dan de sehingga mereka sering tertukar pada saat mengarang dikarenakan mahasiswa belum memahami dengan baik penggunaan fungsi penggunaan masing-masing partikel, meskipun telah mempelajari penggunaan partikel ni dan de.
Tidak tersedia versi lain