CD Skripsi
Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Di SMA Negeri 13 Pekanbaru
Penyesuaiaan diri adalah suatu proses yang mencakup respon mental dan tingkah laku, dengan mana individu berusaha untuk dapat berhasil mengatasi kebutuhan-kebutuhan dalam dirinya, ketegangan, konflik-konflik dan frustasi yang di alaminya, sehingga terwujud tingkat keselarasan atau harmoni antara tuntutan dari dalam diri dengan apa yang di harapkan oleh lingkungannya.
Penelitian yang berjudul Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMA Negeri 13 Pekanbaru. Bertujuan untuk mengetahui tingkap penyesuaian diri siswa di tinjau dari aspek kematangan emosional, kematangan intelektual, kematangan sosial dan tanggung jawab terhadap pembelajaran tatap muka (PTM).
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini siswa SMA NEGERI 13 Pekanbaru dengan jumlah 106 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner Penyesuaian diri yang berjumlah 23 item. Kuesioner disusun berdasarkan aspek penyesuaian diri yakni (1) Kematangan Emosional, (2) Kematangan Intelektual, (3) Kematangan Sosial, (4) Tanggung Jawab. Selanjutnya di analisis menggunakan bantuan SPPS 25.
Berdasarkan hasil analisis di dapatkan tingkat penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran tatap muka pada aspek kematangan emosional berada pada kategori tinggi, aspek kematangan intelektual berada pada kategori tinggi, pada aspek kematangan sosial berada pada kategori sedan dan pada aspek tanggung jawab beerada pada kategori tinggi.
Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Aspek Penyesuaian Diri
Tidak tersedia versi lain