CD Skripsi
Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Pengurangan Masalah - Masalah Siswa Dalam Belajar Di SMP Negeri 5 Dayun
Masalah belajar adalah kondisi tertentu yang dialami siswa yang menghambat kelancaran proses dimana seorang individu secara keseluruhan memperoleh perubahan perilaku baru sehingga proses pembelajarannya tidak optimal. Maka dari itu, kondisi masalah siswa dalam belajar harus di kurangi, dengan memberikan usaha suatu layanan. Jika dibiarkan begitu saja makan akan berdampak buruk untuk siswa berada ke jenjang berikutnya.
Penelitian yang berjudul pengaruh bimbingan klasikal terhadap pengurangan masalah-masalah siswa dalam belajar di SMP Negeri 05 Dayun, yang bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal berpengaruh terhadap pengurangan masalah-masalah siswa dalam belajar di SMP Negeri 05 Dayun.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan tipe penelitian one group pretest-posttest design. Tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu 37 siswa yang memiliki masalah-masalah dalam belajar pada kelas IX yang didapat dari pengelolaan data angket lalu diberi layanan bimbingan klasikal sebanyak 5 kali pertemuan dan pemberian angket pre-test dan post-test 2 kali pertemuan. Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut:(1) Persentase masalah-masalah yang dialami siswa dalam belajar sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal secara keseluruhan siswa memiliki persentase lebih banyak, dan setelah diberikan layanan bimbingan klasikal maka adanya pengurangan persentase. Artinya adanya pengurangan siswa yang mengalami masalah-masalah dalam belajar. (2) Terdapat pengaruh positif layanan bimbingan klasikal terhadap pengurangan masalah-masalah siswa dalam belajar.
Kata Kunci: Masalah siswa dalam belajar, Bimbingan Klasikal
Tidak tersedia versi lain