CD Skripsi
Problematika Pembelajaran Daring Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Universitas Riau Pada Mata Kuliah Kanji 2
Huruf kanji terbentuk dari beberapa garis dan coretan. Penulisannya yang rumit dan memiliki dua cara baca (kunyomi dan onyomi) menjadi kesulitan dalam mempelajarinya. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring untuk mempelajari kanji dibutuhkan metode dan media yang berhubungan dengan internet agar mempermudah mahasiswa dalam memahami huruf kanji yang diajarkan. Namun, terdapat beberapa penelitian yang mendapati adanya dalam pelaksanaannya terdapat masalah berupa mahasiswa yang kurang memahami goresan yang tepat pada saat menulis huruf kanji dan adanya dampak dari pembelajaran daring pada keterampilan membaca kanji.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daring mahasiswa angkatan 2020 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau pada mata kuliah Kanji 2. Data pada penelitian ini berjumlah enam mahasiswa yang diambil berdasarkan total nilai akhir pada mata kuliah Kanji 2.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika oleh mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah Kanji 2 saat pelaksanaan dan evaluasi. Problematika pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa angkatan 2020 antara lain; kesulitan belajar mandiri, kurangnya interaksi dua arah antara dosen pengampu dan mahasiswa, penjelasan materi yang cepat sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kanji yang diberikan dan tidak ada referensi atau pun rujukan yang diberikan dosen pengampu sehingga mahahasiswa kesulitan sekaligus bingung dalam mencari huruf kanji yang diberikan. Lalu untuk problematika evaluasi pembelajaran daring mahasiswa angkatan 2020 didapati adanya kurang pemberian feedback, perasaan stres, tertekan juga panik pada saat kuis berlangsung dan kurangnya kemampuan dalam mengingat huruf kanji ketika kuis. Selain itu terdapat problematika lainnya berupa jaringan yang tidak stabil sehingga mahasiswa kesulitan untuk mengakses materi atau pun mengirim tugas.
Tidak tersedia versi lain