CD Skripsi
Desain Multimedia Powerpoint Mahasiswa PLP Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Universitas Riau
Salah satu Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) pendidikan bahasa Jepang Universitas Riau adalah untuk mendidik mahasiswanya menjadi seorang pengajar atau guru. Sebelum menjadi seorang guru, mahasiswa diajarkan bagaimana caranya menjadi seorang guru dengan berbagai mata kuliah yang disediakan oleh program studi. Salah satu mata kuliah yang disediakan prodi untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan kegiatan PLP (Praktik Lapangan Persekolahan).
Pada umumnya mahasiswa menggunakan multimedia dengan jenis presentasi Powerpoint sebagai salah satu media pengajarannya. Presentasi Powerpoint adalah suatu cara yang digunakan untuk memperkenalkan atau menjelaskan tentang segala hal yang dirangkum dan dikemas ke dalam beberapa slide, sehingga orang yang menyimak lebih dapat memahami penjelasan melalui visualisasi yang terangkum dalam slide, baik berupa teks, gambar/grafik, suara, maupun film. Penggunaan presentasi Powerpoint menjadi objek masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pengetahuan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang tentang penggunaan multimedia sebagai media pembelajaran. Apakah mahasiswa paham bagaimana membuat media pengajaran yang dapat dipahami oleh kognitif yang diajar, atau hanya sekedar membuat media pengajaran sebagai alat menyampaikan pesan saja. Media pembelajaran Powerpoint perlu merujuk pada prinsip-prinsip multimedia yang dicetuskan oleh Richard E Mayer. Selain itu, desain Powerpoint perlu memperhatikan tujuan pembelajaran multimedia, yaitu mengakuisisi informasi dan membangun konstruksi pengetahuan. Berdasarkan penelitian media pembelajaran berupa Powerpoint yang dirancang oleh mahasiswa PLP Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau adalah belum memenuhi berbagai prinsip multimedia learning. Desain Powerpoint mahasiswa PLP pendidikan bahasa Jepang Universitas Riau cenderung tidak memberikan informasi melalui dua saluran untuk memproses informasi visual dan informasi auditori.
Desain Powerpoint yang dibuat mahasiswa tidak melatih kemampuan
pendengaran siswa jika kita berpijak pada asumsi dual-channel bagi teori kognitif
tentang multimedia learning menurut Mayer. Selain tidak memanfaatkan dualchannel,
desain multimedia yang diciptakan oleh mahasiswa PLP Pendidikan
Bahasa Jepang Universitas Riau ini juga tidak memanfaatkan unsur lain seperti
animasi, yang dapat membantu mengasah penalaran siswa serta membantu dalam
mengkonstruksi pengetahuan.
Tidak tersedia versi lain