CD Skripsi
Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy Untuk Meningkatkan Self Awareness Dalam Penggunaan Gadget Siswa Di SMA Al Huda Pekanbaru
Bimbingan kelompok merupakan layanan yang diberikan pada sejumlah siswa secara bersama-sama terutama dalam meningkatkan self awareness. Melalui pendekatan Cognitive Behavior Therapy yang berorientasi pada pemecahan masalah sehingga dapat membantu meningkatkan self awareness siswa karena memandang individu sebagai pengambil keputusan paling penting tentang tujuan atau masalah yang akan diselesaikan dalam proses terapi.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat self awareness dalam penggunaan gadget Siswa di SMA Al Huda Pekanbaru Serta pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan cognitive behavior theraphy. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner tentang self awareness sebelum dan sesudah dilakukan pemberian perlakuan.
Analisis dan hasil yang diperoleh berdasarkan angket yang telah disebarkan menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji statisitik non parametrik kepada subjek penelitian untuk meningkatkan self awareness dalam penggunaan gadget siswa setelah diberikan treatment yaitu pada kelas eksperimen berupa layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan Cognitive Behavior Therapy dan pada kelas kontrol berupa layanan bimbingan kelompok maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan efektif untuk meningkatkan self awareness dalam penggunaan gadget pada siswa di kelas XII IPA SMA Al Huda Pekanbaru setelah pemberian treatment dengan perolehan hasil keseluruhan self awareness pada kategori sedang dan tinggi. Contohnya siswa sudah bisa membatasi penggunaan gadget yang berlebihan dalam kehidupan sehari-harinya.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Cognitive Behavior Therapy, self awareness, gadget
Tidak tersedia versi lain