CD Skripsi
Efektivitas Tadoku Terhadap Kemampuan Hiragana Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Pekanbaru
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pembelajaran. Salah satu contoh pendidikan adalah pembelajaran bahasa Jepang. Saat ini pembelajaran bahasa Jepang sudah dilaksanakan di 35 SMA/SMK/MA di Riau.
Dalam mempelajari bahasa Jepang terdapat empat keterampilan capaian yaitu membaca, mendengar, menulis dan berbicara. Empat keterampilan ini dapat dicapai melalui pendekatan komunikatif sebagaimana dijelaskan di pohon JF Standard bahwa kemampuan linguistik menjadi salah satu aspek penting pada bagian akar pembelajaran bahasa Jepang.
Pembelajaran Bahasa Jepang yang membosankan menyebabkan motivasi belajar siswa rendah. Metode pembelajaran konvensional yang diterapkan pada kelas XI SMAN 4 Pekanbaru juga tidak menyediakan input yang optimal sehingga kemampuan hiragana siswa menjadi rendah.
Tadoku merupakan teknik membaca yang merujuk pada situasi pelajar membaca pada level tertentu dalam bahasa yang baru guna mengumpulkan informasi. Tadoku juga terbukti memberikan dampak positif pada pembelajaran kosakata. Kosakata bahasa Jepang sendiri juga terdiri dari susunan hiragana, katakana dan kanji. Sehingga tadoku bisa menjadi pendekatan dalam belajar hiragana.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan treatment pada siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru. Dengan sampel sebanyak 36 orang yaitu 18 orang dari kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 18 orang dari kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Tes dibuat sendiri oleh peneliti yang dibimbing dan divalidasi oleh dosen pembimbing. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Adapun hasil penelitian yaitu tadoku memberikan pengaruh pada pembelajaran hiragana pada siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru dengan hasil sig (2-tailed) uji Independent Sample T-Test 0.025 yang terbukti kecil dari 0.05 sehingga terdapat perbedaan signifikan pada penggunaan tadoku pada pembelajaran hiragana
Tidak tersedia versi lain