CD Skripsi
Resiliensi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru
Resiliensi merupakan kemampuan seseorang untuk mengatasi kecemasan, stres, reaksi terhadap stres bahkan depresi. Selain itu, resiliensi adalah kemampuan individu dalam menjaga kesehatan dibawah kondisi penuh tekanan, bangkit dari keterpurukan, mengatasi kemalangan, merubah cara hidup ketika cara lama dirasa tidak sesuai lagi dengan kondisi yang ada, dan menghadapi permasalahan tanpa melakukan kekerasan.
Penelitian yang berjudul Resiliensi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru, bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dan tingkat resiliensi yang di tinjau dari aspek-aspek resiliensi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru dengan jumlah 106 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner Resiliensi yang berjumlah 34 item.Kuesioner disusun berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh (Connor dan Davidson, 2003) yakni kompetensi pribadi, kepercayaan diri, penerimaan positif, kontrol diri, dan spritual.
Berdasarkan hasil analisis di dapatkan tingkat resiliensi siswa terhadap pembelajaran tatap muka berada pada kategori tinggi. Dan pada aspek resiliensi di dapatkan hasil dari aspek kompetensi pribadi berada pada kategori sedang, aspek kepercayaan diri berada pada kategori tinggi, aspek penerimaan positif berada pada kategori tinggi, aspek kontrol diri berada pada kategori tinggi dan aspek spritual berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci : Resiliensi, Aspek Resiliensi
Tidak tersedia versi lain