CD Skripsi
Kecemasan Membaca Bahasa Jepang Sebagai Bahasa Asing Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Universitas Riau
Membaca merupakan salah satu keterampilan reseptif yang menuntut peserta didik untuk membaca dan memahami suatu teks. Untuk dapat mengolah informasi dengan baik, peserta didik harus mampu memahami teks yang benar. Kecemasan membaca bahasa asing memiliki efek negatif pada proses kognitif dan perilaku karena di kelas bahasa antara kecemasan fisik, kognitif, dan perilaku adalah gejala yang saling mempengaruhi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menganalisis kecemasan membaca siswa dalam belajar bahasa Jepang sebagai bahasa asing mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kecemasan membaca mahasiswa Prodi pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 37 mahasiswa Prodi pendidikan bahasa Jepang FKIP UNRI. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Riau pada tahun ajaran 2021/2022. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Kemudian hasil data tersebut dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 26 dan Microsoft Excel 2019 untuk menghitung persentasenya. Data dalam penelitian ini disajikan dalam angka atau persentase yang kemudian dideskripsikan dengan kata-kata.
Hasil penelitian yaitu tingkat kecemasan membaca siswa dikategorikan menjadi 3 tingkatan, tingkat rendah (11%), tingkat sedang (78%), dan tingkat tinggi (11%). Penelitian ini diharapkan dapat mengurangi adanya kecemasan membaca bahasa Jepang pada pembelajar dan memberikan kontribusi kepada pihak-pihak yang terkait dengan menjadikan penelitian ini sebagai referensi mereka.
Tidak tersedia versi lain