CD Skripsi
Keefektifan Manga Doraemon Sebagai Media Ajar Dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hiragana Pada Siswa SMAN 4 Pekanbaru
Setiap bahasa memiliki ciri khas huruf yang digunakan untuk dituangkan dalam suatu bacaan, salah satunya yaitu ahasa Jepang. Bahasa Jepang memiliki huruf hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana adalah huruf yang digunakan untuk menuliskan kosakata yang berasal dari Bahasa Jepang sendiri. Hiragana merupakan huruf pertama yang menjadi pembelajaran pertama untuk pelajar Bahasa Jepang pada tingkat dasar atau pemula dan memiliki kedudukan yang penting dalam mempelajari Bahasa Jepang.
Dalam mempelajari Bahasa Jepang, mengenal hiragana adalah salah satu tantangan yang harus bisa dikuasai agar pembelajaran Bahasa Jepang dapat berjalan dengan lancar. Tetapi karena Bahasa Jepang memiliki keunikan ciri huruf tersendiri, hal tersebut membuat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam membaca, menghafal, dan memahami huruf hiragana. Kendala dalam mempelajari huruf hiragana ini juga ditemukan pada siswa SMA Negeri 4
Pekanbaru. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, masih banyak siswa yang belum menguasai huruf hiragana. Untuk meningkatkan pembelajaran membaca huruf hiragana, diperlukan bahan bacaan yang menarik pada media pembelajaran. Manga sebagai salah satu budaya popular Jepang yang sangat diminati oleh kalangan anak-anak bahkan orang dewasa dapat menjadi salah satu opsi media pembelajaran.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan treatment
pada siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru. Dengan sampel sebanyak 36 orang yaitu
18 orang dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 18 orang dari kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Tes dibuat sendiri oleh peneliti yang dibimbing dan divalidasi oleh dosen pembimbing. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Adapun hasil penelitian yaitu manga Doraemon memberikan pengaruh pada pembelajaran membaca huruf hiragana pada siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru dengan hasil sig (2-tailed) uji Independent Sample T-Test 0.016 yang terbukti kecil dari 0.05 sehingga terdapat perbedaan signifikan
pada penggunaan manga pada pembelajaran hiragana.
Tidak tersedia versi lain