Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Keefektifan Manga Doraemon Sebagai Media Ajar Dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hiragana Pada Siswa SMAN 4 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Keefektifan Manga Doraemon Sebagai Media Ajar Dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hiragana Pada Siswa SMAN 4 Pekanbaru

Dheo Jaya Dipa / 1905156509 - Nama Orang;

Setiap bahasa memiliki ciri khas huruf yang digunakan untuk dituangkan dalam suatu bacaan, salah satunya yaitu ahasa Jepang. Bahasa Jepang memiliki huruf hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana adalah huruf yang digunakan untuk menuliskan kosakata yang berasal dari Bahasa Jepang sendiri. Hiragana merupakan huruf pertama yang menjadi pembelajaran pertama untuk pelajar Bahasa Jepang pada tingkat dasar atau pemula dan memiliki kedudukan yang penting dalam mempelajari Bahasa Jepang.
Dalam mempelajari Bahasa Jepang, mengenal hiragana adalah salah satu tantangan yang harus bisa dikuasai agar pembelajaran Bahasa Jepang dapat berjalan dengan lancar. Tetapi karena Bahasa Jepang memiliki keunikan ciri huruf tersendiri, hal tersebut membuat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam membaca, menghafal, dan memahami huruf hiragana. Kendala dalam mempelajari huruf hiragana ini juga ditemukan pada siswa SMA Negeri 4
Pekanbaru. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, masih banyak siswa yang belum menguasai huruf hiragana. Untuk meningkatkan pembelajaran membaca huruf hiragana, diperlukan bahan bacaan yang menarik pada media pembelajaran. Manga sebagai salah satu budaya popular Jepang yang sangat diminati oleh kalangan anak-anak bahkan orang dewasa dapat menjadi salah satu opsi media pembelajaran.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan treatment
pada siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru. Dengan sampel sebanyak 36 orang yaitu
18 orang dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 18 orang dari kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Tes dibuat sendiri oleh peneliti yang dibimbing dan divalidasi oleh dosen pembimbing. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Adapun hasil penelitian yaitu manga Doraemon memberikan pengaruh pada pembelajaran membaca huruf hiragana pada siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru dengan hasil sig (2-tailed) uji Independent Sample T-Test 0.016 yang terbukti kecil dari 0.05 sehingga terdapat perbedaan signifikan
pada penggunaan manga pada pembelajaran hiragana.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1905156509
1905156509
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1905156509
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – Fkip – Pendidikan Bahasa Jepang., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1905156509
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN BAHASA JEPANG
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FATAH
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN TEORI
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?