CD Tesis
Pengaruh Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa SMAN 8 Pekanbaru
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pembelajaran. Salah satu contoh pendidikan adalah pembelajaran bahasa Jepang. Saat ini pembelajaran bahasa Jepang sudah dilaksanakan di 35 SMA/SMK/MA di Riau.
Dalam pembelajaran di SMK/SMA salah satu standar kompetensi yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan untuk membaca kosakata. Agar kemampuan berbahasa di atas dapat dikuasai dengan baik, kita harus memiliki kosakata yang banyak.
Pembelajaran bahasa Jepang yang terkesan biasa menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Hal ini dapat dilihat karena metode pembelajaran konvensional yang diterapkan disekolah sehingga membuat kemampuan kosakata siswa menjadi rendah.
Media pembelajaran Quizlet merupakan salah satu media pembelajaran yang merujuk pada situasi pelajar menghafal kosakata dengan menggunakan flashcard dan dapat merealisasikan kosakata kata tersebut kedalam percakapan sehari-hari.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan treatment pada siswa kelas XI SMAN 8 Pekanbaru. Dengan sampel sebanyak 66 orang yaitu 33 siswa dari kelas XI MIPA 8 sebagai kelas kontrol dan 33 siswa dari kelas XI MIPA 9 sebagai kelas eksperimen. Soal pre-test dan post-test dibuat sendiri oleh peneliti yang dibimbing dan divalidasi oleh dosen pembimbing. Data yang sudah didapat kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Adapun hasil penelitian yaitu media quizlet memberikan pengaruh pada pembelajaran kosakata pada siswa kelas XI SMAN 8 Pekanbaru dengan hasil sig.(2-tailed) uji Independent Sample T-test 0.002 yang terbukti kecil dari 0.05 sehingga terdapat perbedaan signifikan pada penggunaan media quizlet pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang.
Tidak tersedia versi lain