CD Skripsi
Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying
Perilaku bullying adalah perilaku penindasan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang merasa kuat dan berkuasa terhadap orang yang lemah dengan tujuan menyakiti atau menakuti korban dan perilaku ini dilakukan secara terus menurus atau berulang. Ada beberapa alasan mengapa orang melakukan bullying yaitu karena untuk mendaptkan perhatian, untuk meraih popularitas, pernah menjadi korban bullying, dan pengaruh pergaulan. Perilaku bullying ini terdapat 3 aspek yaitu bullying fisik, bullying verbal, dan bullying mental/psikologis. Perilaku bullying dapat terjadi dimana saja entah itu di rumah, di lingkungan masyarakat, ataupun di lingkungan sekolah seperti yang terjadi pada peserta didik di MTs Ja’fariyah Teluk Pinang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perilaku bullying dapat berkurang atau menurun melalui konseling kelompok dengan teknik sosiodrama pada peserta didik kelas VIII di MTs Ja’fariyah Teluk Pinang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah 10 orang peserta didik yang tinggi tingkat perilaku bullying nya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar instrumen penelitian pre-test dan post-test tentang skala tingkat perilaku bullying yang selanjutnya dianalalisis menggunakan bantuan SPSS (Statistica Program Society Science) 25 for windows.
Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh sebesar 71,4% terhadap mengurangi perilaku bullying siswa.
Kata Kunci: Perilaku Bullying, Konseling Kelompok, Teknik Sosiodrama
Tidak tersedia versi lain