CD Skripsi
Keterampilan Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Square Pada Siswa Kelas Viie Smp Negeri1 Kampar
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan psikomotor siswa
dalam pembelajaran IPA fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif
dengan pendekatan Think-Pair-Square. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIIE SMP Negeri 1 Kampar dengan jumlah siswa 38 orang, tetapi untuk
menganalisis hasil belajar keterampilan psikomotor siswa hanya diambil 12 siswa
secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar
penilaian tes hasil belajar psikomotor yang dianalisis secara analisis deskriptif,
meliputi daya serap, efektivitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa secara
klasikal, dan ketuntasan materi pelajaran. Hasil analisis data menunjukkan daya
serap rata-rata siswa adalah 90,6% dengan kategori amat baik. Efektivitas
pembelajaran 90,6% dengan kategori efektif, ketuntasan belajar siswa secara
klasikal adalah 91,6% dengan kategori tuntas, dan ketuntasan materi pelajaran
adalah 100% dengan kategori tuntas. Dengan demikian model pembelajaran
kooperatif dengan pendekatan Think-Pair-Square efektif diterapkan pada materi
pokok kalor.
Kata kunci: Keterampilan psikomotor dan Think-Pair-Square.
Tidak tersedia versi lain