CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor Sains Fisika Melalui Model Berbasis Portofolio Pada Siswa Kelas Vii2 Smpn 21 Pekanbaru
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar keterampilan psikomotor
Sains Fisika dengan model pembelajaran berbasis portofolio pada kelas VII2 SMPN 21
Pekanbaru pada materi pokok suhu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 dengan
jumlah 44 siswa, untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa diambil 10 siswa secara acak.
Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar penilaian tes hasil
belajar psikomotor yang dianalisis secara deskriptif yang meliputi daya serap, efektivitas
pembelajaran, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan tujuan pembelajaran
psikomotor. Hasil analisis data menunjukan bahwa daya serap rata-rata siswa adalah
86,5% dengan kategori amat baik. Efektifitas pembelajaran 86,5% dengan kategori
efektif ketuntasan pembelajaran individu secara klasikal adalah 100% dengan predikat
tuntas. Dari hasil penelitian melalui model pembelajaran berbasis portofolio, hasil belajar
keterampilan psikomotor siswa kelas VII2 SMPN 21 Pekanbaru pada materi pokok suhu
dinyatakan efektif.
Kata Kunci: Keterampilan Psikomotor, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Daya
Serap, Efektifitas, Ketuntasan.
Tidak tersedia versi lain