CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Melaluipenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing (Tari Bam Bu) Di Smp Negeri1 Kampar Timur
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan
proses sains fisika siswa kelas VIIi SMP Negeri 1 Kampar Timur melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu)
pada materi pokok Zat dan Wujudnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIIi SMP Negeri 1 Kampar Timur Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30
orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes hasil
belajar keterampilan proses. Tes diberikan setelah proses pembelajaran sains
fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing
(Tari Bambu) selesai dilaksanakan. Data hasil belajar keterampilan proses siswa
dianalisis dengan teknik deskriptit yang meliputi daya serap, efektivitas
pembelajaran, ketuntasan belajar dan ketuntasan materi pelajaran. Hasil analisis
data menunjukkan daya serap rata-rata siswa adalah 77,1% dengan kategori baik,
efektivitas pembelajaran dinyatakan cukup efektif dengan persentase 77,1%.
Ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 50% dengan kategori tidak tuntas
dan ketuntasan materi pelajaran adalah 71,4% dengan kategori tidak tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar Keterampilan Proses, Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu).
Tidak tersedia versi lain